< BACK TO ARTICLES

Bagaimana Cara Mempersiapkan Makanan agar si Kecil Selalu Sehat?

Memasuki usia 6 bulan, asupan ASI untuk si Kecil sudah tidak cukup lagi untuk memenuhi nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Si Kecil membutuhkan banyak tambahan mineral, vitamin, lemak, serta zat lainnya untuk mendukung perkembangannya yang lebih optimal.  Selain menyesuaikan tekstur MPASI, menetapkan porsi yang tepat, Moms juga tentu akan memilih bahan yang tepat untuk diolah menjadi menu MPASI si Kecil. Nah, apakah Moms sudah pernah membuat MPASI dengan bahan-bahan yang organik? Bahan makanan yang organik adalah bahan makanan yang proses pertumbuhannya (baik buah dan sayur) tanpa penggunaaan bahan-bahan kimia berbahaya, seperti pestisida dan pengawet lainnya. Namun, bukan berarti kandungan gizinya jauh berbeda dengan bahan-bahan non organik ya Moms. Hanya saja, bahan-bahan organik memiliki keuntungan yang lebih baik dari segi keamanan untuk kesehatan.

 

Jika bingung memilih makanan organik yang bida dikonsumsi si Kecil, Moms dapat mencoba multigrain.

Apa itu multigrain?

Multigrain merupakan campuran dari beragam bahan makanan bernutrisi, berasal dari gandum dan biji-bijian - serealia, sehingga lebih kaya akan nutrisi. Khasiatnya dapat meningkatkan kecerdasan otak si Kecil, sumber energi, dan baik pula untuk sistem motorik anak.

 

Nah, Moms yang tertarik mencoba bahan-bahan multigrain untuk MPASI si Kecil, yuk coba bahan-bahan berikut!

  • Quinoa : Bayi memiliki sistem pencernaan yang berlum sempurna. Karena itu, Moms perlu mencoba quinoa. Bahan ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga, si Kecil tidak lagi mengalami sembelit Moms.

  • Beras Merah : Selain kandungan serat yang tinggi, beras merah juga kaya akan kandungan vitamin B yang berperan penting bagi metabolisme energi di dalam tubuh. Vitamin B juga ternyata penting untuk kesehatan saraf otak si Kecil Moms, karena itu beras merah berdampak positif terharap perkembangan motorik si Kecil.

  • Jagung : Jangung mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan otot si Kecil. Kebutuhan kalsium yang terpenuhi akan membantu si Kecil terhindar dari cedera pada saat belajar berdiri, berjalan, ataupun merangkak.

  • Kacang Polong : Kacang polong merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin C. Dikutip dari buku  buku Healing Foods: Eat Your Way to a Healthier Life, satu porsi kacang polong ternayta sudah memenuhi setengah dari kebutuhan harian tubuh. Karena itu, bahan ini sangat baik pula untuk menjaga imunitas tubuh si Kecil Moms.

  • Kacang Hijau : Kacang hjau sering disajikan saat kegiatan posyandu. Mengapa? Salah satu alasannya adalah karena kacang hijau merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh anak. Selain mengandung vitamin C, A, K, E, B6, kacang hijau juga kaya akan tiamin, riboflavin, niasin, folat, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, seng, dan natrium. Semua kandungan ini merupakan pondasi penting untuk perkembangan fisik dan mental si Kecil Moms

 

Nah, untuk si Kecil yang baru memasuki masa MPASI perlu disesuaikan teksturnya ya Moms. Untuk mempermudah Moms dalam menyajikan makanan si Kecil sesuai dengan teksturnya, Moms dapat menghaluskan makanan dengan bantuan blender. Nutribaby+ dari Babymoov dapat menjadi solusi yang tepat untuk menyesuaikan tekstur MPASI si Kecil. Dengan 3 level kecepatan blender yang dapat disesuaikan, akan lebih memudahkan Moms untuk menyajikan MPASI sesuai dengan usia si Kecil. Moms juga dapat menggunakan wadah kaldu yang tersedia sebagai tambahan untuk menu MPASI si Kecil dan memasak bahan multigrain. Tidak hanya untuk menyesuaikan tekstur, Moms juga dapat membuat ASI booster dan smoothies untuk keluarga tercinta. Wadah steamer Nutribaby+ juga memiliki kapasitas yang lebih besar, sehingga Moms dapat membuat MPASI dalam porsi yang banyak untuk dikonsumsi si Kecil pada jadwal makan selanjutnya.  Moms juga tidak perlu repot untuk menggunakan peralatan masak lainnya ketika mempersiapkan makanan si Kecil, karena Nutribaby+ juga dilengkapi dengan fungsi steamer, defroster, warmer dan sterilizer yang dapat dimanfaatkan untuk menyajikan makanan sehat  dengan beragam cara bagi seluruh anggota keluarga.