< BACK TO ARTICLES

Gimana sih Cara Si Kecil Tidur Nyenyak Setiap Malam? Ini tipsnya!

Tidur dengan menggunakan bantal sudah menjadi kebiasaan orang dewasa untuk kenyamanan. Moms pun tentunya sudah berencana mempersiapkan bantal bayi untuk si Kecil jauh-jauh hari sebelum HPL. Sudah berencana memilih bantal bayi lucu, apa, nih, Moms? Beberapa dokter tidak menyarankan penggunaan bantal pada bayi, sebab bantal yang salah dapat meningkatkan resiko SIDS. 

 

Bantal bayi yang terlalu empuk memang dapat membahayakan bayi, karena dapat:

 

  • Meningkatkan risiko sindrom kematian mendadak pada bayi (Sudden Infant Death Syndrome - SIDS)

  • Mengunci posisi kepala si Kecil dalam waktu yang lama sehingga dia rentan kepanasan

  • Membuat si Kecil tersedak isi bantal yang keluar, meski dalam jumlah sedikit bisa masuk ke mulut dan hidungnya

  • Membuat si Kecil tersedak muntahannya sendiri terutama pada penggunaan bantal bayi berbentuk U

 

Di sisi lain, penggunaan bantal yang tepat pada bayi akan meningkatkan kualitas tidurnya dan membuat tumbuh kembangnya menjadi optimal. Kuncinya, bayi baru lahir perlu di dukung dengan bantal yang diciptakan khusus untuk bayi untuk membantu tumbuhh kembangnya dan menjaga kesehatan kepalanya

 

Manfaat bantal bayi khusus Newborn anti peyang

 

Meningkatkan kualitas tidur si Kecil sehingga pertumbuhannya optimal

 

Para ahli sangat menyarankan posisi tidur telentang untuk bayi Newborn hingga 1 tahun. Posisi tidur telentang mengurangi risiko SIDS hingga 50%, namun dapat meningkatkan resiko kepala peyang, maka itu penggunaan bantal dengan kontur cekung sangat penting untuk membantu si Kecil tidur dalam posisi yang nyaman yaitu telentang tanpa perlu khawatir dengan bentuk kepalanya. Posisi tidur telentang meningkatkan aliran pernapasan saat tidur sehingga tidur si Kecil tetap nyaman dan kualitas tidurnya terjaga

 

Mengurangi risiko alergi karena bahan tertentu

 

Seperti yang kita ketahui, kulit Newborn masih sangat sensitif jika bersentuhan dengan bahan-bahan tertentu. Terutama jika bersentuhan dengan kepala yang memiliki kelenjar keringat aktif. Bantal kepala yang terbuat dari bahan khusus anti alergi dapat mengurangi risiko alergi pada si Kecil. Babymoov Lovenest Classic terbuat dari polyurethane yang lembut sehingga dapat tetap menjaga sirkulasi udara pada bagian kepala sehingga si Kecil pun terhindar dari risiko kepanasan dan biang berkeringat. Lovenest Classic juga dilengkapi cover yang terbuat dari polyester yang dapat meminimalkan risiko alergi pada bayi.

 

Mencegah resiko syaraf leher terjepit karena posisi tidur yang salah

 

Bayi perlu tidur menggunakan bantal dengan kontur cekung untuk menjaga pembentukkan kepalanya tetap terjaga meski dia berbaring dan menggerak-gerakkan tubuhnya. Ketauhilah Moms, jika posisi leher si Kecil tidak nyaman atau si Kecil merasakan nyeri di leher, dia bisa mengalami demam yang sangat mengganggu kualitas tidur, serta kesehatannya.

 

Membantu mengurangi risiko kepala peyang alias flat head syndrome

 

Bayi yang baru lahir cenderung tidur lebih lama daripada orang dewasa yaitu hingga 16,5 jam dalam sehari. Dia juga belum mahir memindahkan posisi kepalanya sebab otot lehernya masih belum cukup kuat. Hal ini dapat membuat tekanan pada area kepalanya tidak merata karena kepalanya hanya bertahan dalam satu posisi saja. Inilah yang bisa menyebabkan kepala bayi dapat berubah bentuk menjadi datar di salah satu sisinya, atau biasa di kenal sebagai peyang. Bantal anti peyang Babymoov Lovenest+ memiliki kontur cekung yang dikembangkan dari Lovenest Classic untuk mendistribusikan tekanan kepala secara merata ke seluruh bagian kepala, yang akan menjaga kepala agar tetap bulat normal tidak peyang.

Berikut tips menidurkan si Kecil tanpa rewel!

 

Bagi bayi, tidur memiliki segudang manfaat seperti mendapatkan kembali tenaga yang hilang, mengoptimalkan perkembangan otak, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi, yang namanya bayi apalagi Newborn, sering terbangun saat tengah malam. Moms pun sering kelelahan menidurkan si Kecil karena tidak henti-hentinya menangis. Padahal, tidur si Kecil yang lelap juga akan meningkatkan kualitas istirahat Moms juga.

 

Moms ingin tahu bagaimana cara menidurkan bayi yang rewel dan susah tidur? Moms bisa praktikkan 4 metode cara menidurkan bayi yang susah tidur berikut ini, ya, Moms.

 

4 Cara Cepat Menidurkan Bayi

 

Metode Ferberizing

 

Ferberizing adalah metode menidurkan bayi dengan membiarkan si Kecil menangis hingga dia tertidur. Moms perlu disiplin dalam menerapkan jadwal tidur yang sudah ditentukan sebelumnya. Ketika si Kecil menangis menolak tidur, perpanjang waktu menangisnya secara bertahap sebelum Moms tenangkan secara verbal.

 

Berikut ini langkah-langkah yang harus Moms lakukan saat melakukan Ferberizing:

 

  1. Buatlah rutinitas yang menandai waktu tidur seperti membacakan dongeng atau membersihkan tubuh si Kecil. Rutinitas jelang tidur malam yang dipilih harus yang bersifat menenangkan bayi.

  2. Baringkan si Kecil di tempat tidurnya setiap malam di jam yang sama meskipun dia tidak mengantuk. Lalu, segera tinggalkan dirinya setelah meletakkannya di tempat tidur.

  3. Jangan langsung hampiri si Kecil jika dia menangis. Pada malam pertama, tunggulah 5 menit sebelum Moms menghampiri dan menenangkannya tanpa menggendongnya. Berikan tenggat waktu 3 menit hingga si Kecil tenang. Pada malam-malam setelah itu, tambahkan durasi menjadi 10 menit sebelum Moms menghampiri dan menenangkannya dengan suara lembut. Tambahkan durasi menunggu sebelum menenangkan setiap harinya hingga lama-kelamaan tidak perlu menengoknya lagi.

  4. Pastikan kondisi si Kecil dan lingkungan sekitarnya nyaman. Periksa popok, baju, dan selimut lalu segera ganti jika basah atau kotor. Pastikan tempat tidur bayi aman. Selalu periksa juga apakah si Kecil menangis karena tersedak, terbentur, atau mengalami hal berbahaya lainnya. Kenali tangisan si Kecil sehingga Moms tahu kapan harus meninggalkan atau menolongnya.

 

Metode Self-Soothing

 

Metode self-soothing dipraktikkan dengan cara membiarkan si Kecil tertidur atau tidur dengan sendirinya. Buatlah jadwal tidur yang harus disiplin dijalani setiap malam. Jika menangis, tenangkan si Kecil melalui kata-kata atau sentuhan fisik.

 

Berikut ini langkah-langkah menidurkan bayi dengan metode self-soothing

 

  1. Lakukan ritual sebelum tidur selama 20 menit mulai dari memandikan si Kecil dengan menggunakan air hangat, membacakan cerita dongeng, memutarkan lagu yang menenangkan, dan meredupkan lampu kamar. Ritual tersebut harus rutin dijalankan di jam yang sama setiap malam.

  2. Segera letakkan si Kecil di tempat tidur saat dia terlihat mengantuk. Lalu, tinggalkan agar tidur sendiri. Moms boleh menungguinya sesekali atau menangkan dengan suara lembut Moms saat dia menangis. Sebaiknya Moms jangan menggendong untuk menenangkan tangisannya.

 

Metode Long Goodbye

 

Metode long goodbye  pada prinsipnya adalah secara bertahap menjauhkan diri dari si Kecil saat waktu tidur. Metode ini manjur untuk membuat si Kecil tidak tergantung dengan kehadiran Moms.

 

Lakukan langkah-langkah berikut untuk menidurkan si Kecil dengan metode long goodbye

 

  1. Saat si Kecil terlihat mengantuk namun belum memejamkan matanya, letakkan dia di tempat tidurnya lalu duduklah di sampingnya

  2. Saat si Kecil mulai rewel, tepuk-tepuk punggung atau kepalanya dan tenangkan dia dengan kata-kata lembut. Tinggalkan si Kecil saat dia mulai terlelap. Lakukan langkah-langkah yang sama jika dia terbangun di tengah malam untuk menenangkannya.

 

Metode No Cry

 

Metode no cry merupakan cara cepat menidurkan bayi yang paling umum dilakukan para Ibu. Metode ini melibatkan Moms selalu berada dekat dengan si Kecil kapan pun dia membutuhkan Moms tetapi sedikit demi sedikit mengurangi waktu bersamanya.

 

Ini pedoman cara menidurkan bayi yang susah tidur dengan metode no cry

 

  1. Disiplin tidurkan si Kecil di jam yang sama setiap hari dengan cara menenangkannya

  2. Jagalah posisinya dekat dengan Moms sepanjang malam

  3. Jika si Kecil terbangun, cek saja apakah dia bisa tertidur lagi atau butuh ditenangkan

  4. Jangan membiarkan si Kecil minum ASI dari Moms saat dia mengantuk tetapi belum terlelap karena akan membuat dia berharap bisa menyusui saat terbangun

 

Untuk mendukung si Kecil agar dapat tidur terlelap, Babymoov merilis lini Comfort Products yang terdiri dari bantal khusus bayi, alas tidur khusus bayi, bak mandi khusus bayi, dan air humidifier.