< BACK TO ARTICLES

Rebus atau kukus, metode masak mana yang paling sehat?

Hello Moms! Untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga, tentu Moms ingin memberikan yang terbaik bukan? Eits, menjaga kesehatan tak hanya rajin berolahraga loh Moms, tapi memenuhi kebutuhan nutrisi harian secara lengkap pun sangat penting! Tak hanya dari pemilihan bahan makanannya, namun metode pengolahan makanannya pun sangat penting.

 

Di antara aneka ragam cara memasak, ada 2 macam metode yang identik dengan makanan sehat, yaitu rebus dan kukus. Namun apa saja sih keuntungan dan kerugian dari 2 metode ini?

 

Metode Rebus

Pasti Moms sudah tidak asing kan dengan metode satu ini? Metode rebus adalah memasukkan semua bahan makanan ke dalam air maupun kaldu yang mendidih. Sisi positifnya yaitu membuat kalori makanan menjadi lebih rendah dibandingkan menggoreng, sebab tidak perlu tambahan minyak. Namun siapa sangka, ternyata metode kukus ini menghilangkan kandungan gizi dalam sayuran hinggal 50% loh Moms! Selain itu metode ini seringkali membuat tekstur makanan menjadi berubah

 

Metode Kukus

Mengukus adalah metode memasak yang memanfaatkan uap panas dari air mendidih, sehingga sangat sederhana dan hampir dapat dilakukan oleh semua orang. Karena tidak berkontak langsung dengan air, metode ini terbukti mampu mempertahankan kandungan gizi yang ada pada makanan, dan menjaga tekstur dari bahan makanan yang dimasak

 

Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, kedua metode tersebut sama-sama akan meningkatkan kandungan antioksidan yang terdapat dalam sayuran dibanding dengan mengonsumsinya saat mentah. Selain itu keduanya memberikan manfaat baik, asalahkan dilakukan dengan cara yang benar. Namun untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian keluarga, Moms dapat mempertimbangkan untuk lebih memilih metode kukus, sebab seperti yang sudah dijelaskan metode ini membantu mempertahankan kandungan vitamin dan nutrisi dari bahan yang dimasak dan tidak merubah tekstur maupun rasa dari sayuran, serta bahan senyawa berbahaya seperti sianida dan pestisida ikut tereliminasi. Namun Moms memerlukan alat yang tepat agar sayuran tidak sampai overcooked.

 

Untuk itu Moms dapat mempertimbangkan menggunakan food processor. Food processor merupakan alat memasak yang lebih sederhana dan mudah digunakan. Selain untuk memproses makanan, Moms juga dapat mensteril seluruh peralatan makan dan botol susu si Kecil sehingga peralatan makanannya sudah higenis saat digunakan. Wadah food processor berkapasitas yang besar juga penting untuk membantu Mom dalam menyediakan MPASI dengan porsi yang lebih untuk disimpan, maupun untuk porsi makanan orang dewasa. Jangan lupa untuk memastikan bahwa pilihan Moms memiliki mesin yang awet, sehingga penggunaannya lebih bermanfaat dalam jangka panjang.